Lahirnya BMX

Monday, October 31, 2011

Saat ini ada banyak sekali varian sepeda yang biasa digunakan oleh para bikers, seperti contohnya mountain bike atau sepeda fixed gear yang saat ini sedang trend di Indonesia. Namun ada satu sepeda yang tetap memiliki penggemar setia sampai saat ini sejak sepeda tersebut muncul tetap digemari oleh anak-anak sampai orang dewasa.
Sepeda tersebut adalah sepeda BMX. Di awal 1960 BMX masih belum dikenal oleh masyarakat Amerika apalagi di dunia. Cikal bakal terbentuknya BMX berawal dari sepeda Schwinn Stingray yang diproduksi pada tahun 1963, pada masa itu anak-anak dan remaja sedang menggandrungi motorcross dan mereka menggunakan sepeda Schwinn Stingray untuk meniru atraksi-atraksi pengendara motorcross dilumpur.
Sehingga pada awal 1970 istilah BMX booming di Amerika, dimana pada saat itu anak-anak sedang gandrung mengendarai sepeda melewati kubangan lumpur dan rintangan gundukan tanah dalam sebuah lintasan. Mereka memiliki kesempatan untuk bertanding satu sama lain untuk melewati lintasan yang dibuat dan mempertontonkan keterampilan mereka mengendarai sepeda mereka.
Fakta menariknya adalah nama BMX lahir dari kata Bicycle Motocross Action Magazine (BMXA) sebuah majalah yang dibuat untuk meliput setiap kegiatan anak-anak yang bergelut dalam olahraga tersebut. sehingga pada akhirnya kata-kata BMX menjadi populer diseluruh dunia.
Pada akhirnya BMX mulai memperoleh perhatian lebih luas dari masyarakat setelah ESPN menanyangkan program acara X-Games, yang menampilkan olahraga extreme. Dan faktanya pada tahun 2008 BMX resmi menjadi salah satu cabang olahraga di olimpiade.
Saat ini  olahraga sepeda BMX menampilkan variasi keterampilan mengendarai sepeda yang lebih beragam lagi, seperti melompat dan berputar diatas udara, menjaga keseimbangan dengan satu roda dsb.

Schwinn Stingray cikal bakal olahraga BMX

Sepeda BMX Modern

0 comments:

Post a Comment