Tusuk Gigi

Tuesday, October 18, 2011

Sekarang ini di semua restoran mahal sampai hampir semua warung makan kaki lima akan mudah ditemukan tusuk gigi  dimeja makan.
Kayaknya tidak semua orang pernah berpikir dari mana asal nya tusuk gigi, mari kita bahas fakta lahirnya beda tersebut...
Tusuk gigi ternyata memiliki sejarah yang cukup panjang sampai akhirnya bisa memasuki semua tempat makan didunia.
Sebetulnya dari jaman dahulu manusia telah menggunakan alat untuk membersihkan sela gigi, seperti fakta  yang ditemukan bahwa pada zaman romawi, Kaisar Nero menggunakan tusuk gigi dari perak disaat jamuan makan.
Di dunia modern kepopuleran tusuk gigi berawal dari seorang pekerja ( Charles Forster ) yang bekerja pada sebuah peternakan keluarga di Brazil. Charles memperhatikan kebanyakan gigi penduduk asli disana terlihat begitu terawat. Dia melihat ternyata penduduk asli di daerah tersebut menggunakan tusuk gigi yang mereka buat sendiri. Akhirnya Charles Foster  memproduksi tusuk gigi dalam jumlah yang besar dengan menggunakan mesin dan mengirimkannya ke Amerika Selatan untuk dijual. Setelah itu dia mendaftarkan hak paten untuk tusuk gigi produksinya.
Mengapa tusuk gigi bisa tersebar luas, salah satunya dengan strategi pemasaran Foster yang cerdik. Di abad ke 19, Foster membawa tusuk gigi produksinya ke Amerika Utara, lalu dia membayar beberapa mahasiswa dari Universitas Harvard untuk mengunjungi restauran-restauran lokal dan berakting kalau mahasiswa - mahasiswa tersebut membutuhkan tusuk gigi setelah mereka makan direstauran tersebut. Foster pun datang dihari berikutnya plus membawa tusuk gigi untuk ditawarkan ke restauran-restauran yang dikunjungi oleh para mahasiswa harvard bayarannya. Strategi pemasarannya tersebut membuat tusuk gigi dapat menyebar serta menjadi polpuler.
Setelah tusuk gigi mulai disediakan oleh restauran-restauran, kemudian tusuk gigi pun mulai berubah menjadi simbol status di Amerika. Pada saat itu orang-orang tidak hanya menggunakan tusuk gigi untuk mencungkil makanan yang tertinggal di gigi, tapi orang-orang juga mulai sengaja  menggigit tusuk gigi di depan umum sebagai tanda bahwa mereka punya uang untuk makan direstauran yang menyediakan tusuk gigi.
Begitulah cerita sejarahnya sampai akhirnya saat ini tusuk gigi sudah banyak tersedia dari restoran mahal sampai ke warung makan di kaki lima



0 comments:

Post a Comment