Berbahayakah membunyikan sendi jari kita?

Tuesday, November 1, 2011

Banyak kita temukan orang yang memiliki kebiasaan membunyikan sendi jari tangannya jika dia merasa pegal-pegal. Sebetulnya dari mana sih sumber bunyi yang dihasilkan dari aktivitas menekan sendi jari-jari kita sehingga terdengar bunyi " tuk"? dan bahayakah jika kita sering melakukan hal tersebut?...mari kita review berdasarkan fakta ilmiah....
Orang-orang tua sering bilang kalau kita terlalu sering membunyikan sendi jari kita, maka nantinya akan mudah terkena Arthritis (peradangan sendi).
Secara ilmu biologi dijelaskan bahwa ; Sendi dilindungi oleh tulang rawan ligamen. Tulang rawan  tersebut dilapisi oleh semacam kapsul persendian (joint capsule) dan didalamnya ada cairan synovial.
Cairan synovial merupakan pelumas untuk sendi yang juga berfungsi sebagai sumber gizi bagi sel-sel yang menjaga tulang rawan. Cairan tersebut mengandung oksigen, nitrogen, dan karbon dioksida di dalamnya. Gas yang terdapat didalam kapsul inilah yang menimbulkan suara saat kita menekan persendian di jari kita, hal ini  disebabkan gas tersebut keluar dengan cepat akibat tekanan terhadap sendi. Setelah itu, perlu waktu sekitar 20 menit agar gas dan cairan yang ada dalam capsul persendian kembali ketempatnya semula dan dapat berbunyi lagi jika ditekan.
Sampai sekarang, fpenelitian yang pernah dilakukan tidak menemukan fakta mengenai kaitan antara radang persendian dengan kebiasaan membunyikan persendian jari kita....jadi bagi yang hobi membunyikan persendian jari (baik itu jari tangan maupun jari kaki) silahkan dilanjutkan, tidak perlu khawatir ya...

0 comments:

Post a Comment