Taj Mahal

Thursday, November 3, 2011

Inilah salah satu fakta keajaiban dunia yang terkenal dikarenakan oleh sejarah pembangunanya yang didasari wujud cinta yang dalam dari seorang suami atas istrinya.
Fakta sejarah menceritakan bahwa Raja Mughal bernama Shah Jahan, sangat mencintai Mumtaz Mahal, istri terkasihnya. Pada saat ia berusia 14 tahun, Shah Jahan bertemu dan jatuh cinta dengan Mumtaz. Lima tahun kemudian, tahun 1612 mereka menikah.
Di tahun 1631 Mumtaz Mahal meninggal, pada saat melahirkan anaknya yang ke 14. Shah Jahan merasa sangat kehilangan, maka sebagai tanda cintanya dan untuk mengenang istri tercintanya, sang raja  membuat monumen yang sangat megah, yang saat ini dikenal dengan sebutan Taj Mahal. 
Pembangunan Taj Mahal diawali pada tahun 1631. Banyak sekali pemahat, ahli kaligrafi dan pelukis yang di datangkan untuk mewujudkan bangunan tersebut dan menghabiskan waktu sekitar 22 tahun untuk menyelesaikan bangunan tersebut. 
Fakta sejarah mencatat sebanyak 22000 pekerja dan 1000 gajah  yang bekerja untuk menyelesaikan bangunan tersebut. Seluruh bangunan tersebut terbuat dari marmer berwarna putih, yang didatangkan dari seluruh india dan asia tengah serta menghabiskan biaya sekitar 32 juta rupee ( setara dengan 600 milliar pada saat ini). Taj Mahal akhirnya selesai dibangun pada tahun 1653 dan saat ini menjadi tujuan wisata bagi turis-turis dari seluruh dunia.



0 comments:

Post a Comment